Cara Menggunakan WhatsApp Web di Laptop atau PC

Aplikasi perpesanan gratis WhatsApp saat ini menjadi andalan masyarakat karena penggunaannya sangat mudah. Selain pada ponsel, ternyata WhatsApp bisa diakses melalui perangkat lain seperti desktop dengan fitur WhatsApp web. Lalu bagaimana cara menggunakan WhatsApp web? Untuk mengetahuinya simak penjelasan berikut.

Inilah Cara Menggunakan WhatsApp Web

Saat ini WhatsApp menyandang predikat sebagai aplikasi dengan jumlah pengguna paling banyak. Aplikasi ini tergolong sangat lengkap karena bisa digunakan sebagai sarana komunikasi seperti chat, voice note, video call, telepon, mengirim foto, dokumen, bahkan video.

Apalagi saat ini WhatsApp bisa digunakan melalui browser yang dikenal dengan nama WhatsApp web. Ada beberapa cara menggunakan WhatsApp web yang harus Anda ketahui.

Cara Menggunakan di Laptop atau PC

Anda bisa berkirim pesan menggunakan laptop atau pastinya hal ini merupakan kemajuan yang sangat menarik terutama untuk Anda yang sibuk bekerja di depan komputer. Jika Anda ingin menggunakannya di laptop atau PC terdapat dua cara yaitu melalui aplikasi dan browser.

Melalui Aplikasi

Install WhatsApp Web.

Untuk bisa menggunakan fitur pada WhatsApp web, pastikan laptop atau komputer Anda sudah memiliki aplikasi WhatsApp.

Login WhatsApp.

Cara menggunakan yang selanjutnya Anda harus login terlebih dahulu. Anda yang belum paham bisa mengikuti tahap berikut.

  • Buka WhatsApp web yang sudah diunduh dan aplikasi WhatsApp pada telepon Anda. Untuk Android pilih titik tiga pada susunan vertikal bagian kanan atas aplikasi. Sedangkan untuk iPhone pilih pengaturan klik WhatsApp web atau desktop.
  • Selanjutnya buka aplikasi WhatsApp web pada komputer atau laptop Anda.
  • Pindai QR kode yang muncul pada layar menggunakan handphone.

Logout WhatsApp Web

Jika sudah selesai menggunakannya Anda bisa logout WhatsApp web dengan dua cara baik melalui telepon ataupun komputer yang Anda gunakan.

Melalui Browser

Masuk pada halaman browser di komputer atau laptop Anda.

Selanjutnya buka situs WhatsApp web di https://web.whatsapp.com/

Pastikan laptop atau komputer yang Anda gunakan untuk membuka WhatsApp web atau HP yang digunakan sama-sama mempunyai koneksi internet yang stabil.

Kemudian pada layar laptop atau komputer akan muncul gambar QR code. Lakukan cara seperti di atas dengan menscan kode.

Anda akan disuguhkan dengan tampilan WhatsApp di browser laptop atau komputer.

Kecepatan membuka WhatsApp web sangat bergantung dengan koneksi internet. Jika koneksi sedang buruk, entah koneksi laptop ataupun HP kemungkinan besar Anda tidak bisa menggunakannya. Pastikan baterai HP dalam keadaan yang tidak minim daya.

Kelemahan WhatsApp Web

Kelemahan WhatsApp Web

Menggunakan WhatsApp web ini ada beberapa kelemahan yang perlu Anda tahu, seperti poin di bawah ini.

Bergantung Pada Akses Internet yang Kuat dan Stabil

Ternyata WhatsApp buat hanya bisa menerima pesan dengan lancar saat terhubung dengan jaringan internet yang lancar dan stabil. Jika jaringan internet pada laptop atau HP lemah maka proses menerima dan mengirim respon chat akan melambat. Pastinya hal ini juga akan mengganggu pekerjaan Anda.

Baterai Ponsel Cepat Habis

Kelemahan yang lain, jika anda selalu menghubungkan WhatsApp di ponsel menggunakan WhatsApp web maka baterai ponsel akan cepat habis. Bahkan untuk jenis ponsel tertentu bisa membuatnya menjadi sangat panas.

Tidak Bisa Digunakan WhatsApp Call dan Video Call

Untuk layanan panggilan dengan WhatsApp menjadi tren yang sangat maju. Namun sayangnya Anda tidak bisa melakukan panggilan jika menggunakan WhatsApp web. Sepertinya hal ini memang menjadi bentuk keamanan WhatsApp web, tetapi banyak pengguna yang berharap layanan telepon online segera tersedia.

HP Harus dalam Keadaan On

Kelemahan yang sangat mengganggu adalah WhatsApp web tidak bisa digunakan saat HP mati. Sehingga HP yang di sinkron dengan WhatsApp web harus selalu on. HP Anda sedang habis baterai atau off pastinya Anda tidak bisa menggunakan WhatsApp web.

Cara menggunakan WhatsApp web sangat mudah untuk dilakukan sendiri dan bisa Anda terapkan dalam mempermudah pekerjaan. Pastikan sebelum menghubungkan WhatsApp web koneksi internet dan baterai mencukupi.